Headlines News :
Home » , , , » Wawancara Singkat dengan Pendiri dan Pemilik Situs MyWapBlog

Wawancara Singkat dengan Pendiri dan Pemilik Situs MyWapBlog

Written By Unknown on Kamis, 21 Maret 2013 | 3/21/2013 12:13:00 PM

entrevista%25255B1%25255D%25255B1%25255DPada Kamis malam 12 Januari ini, aku melakukan wawancara dengan Arvind Gupta, pendiri dan pemilik situs MyWapBlog. Situs ini dikembangkan di India, namun penggunanya lebih banyak orang Indonesia dibanding manusia hindustan. Dan Narasel -- halaman yang kaubaca ini -- juga menggunakan MyWapBlog.
Wawancara kami sangat singkat, hanya sekitar 15 menit. Namun dalam durasi pendek itu, Arvind bicara panjang soal MyWapBlog, mulai dari peluncuran versi baru, penyalahgunaan pengguna, sampai penghasilannya perbulan dari iklan di MWB. Kami melakukan wawancara dalam kotak chat di GTalk. Berikut aku terjemahkan wawancara tersebut ke dalam bahasa Indonesia:
Jumlah pengguna MyWapBlog di Indonesia sangat besar, Arvind. Kapan kau akan meluncurkan versi bahasa Indonesia?
Kami masih menyelesaikan fitur pengeditan template saat ini. Mudah-mudahan kami bisa menghubungimu lagi bulan depan.
Berapa persentase pengguna Indonesia yang memakai MyWapBlog?
Aku tak tahu jumlah yang pasti, tapi itu sekitar 70 hingga 80%.
Apa kau pernah berpikir MyWapBlog akan populer di Indonesia?
Sejujurnya tidak. Aku bahkan tak tahu kalau Indonesia memiliki pengguna ponsel yang sangat banyak, dan mereka juga adalah orang-orang yang inovatif. Aku melihat banyak orang Indonesia menggunakan MWB dengan cara yang sangat unik. Mereka juga sangat bersemangat. Sebagian mereka memodifikasi CSS dan mengadakan lomba. Aku merasa sangat senang.
Kau benar. Mereka memang inovatif. Tapi sudah pernahkah ada orang Indonesia yang mencoba menghack MWB?
Ada seorang hacker, tapi ia dari Malaysia. Beberapa orang melakukan hack pada iklan agar iklan kami tidak tampil, tapi itu bukan benar-benar hack. Aku bisa mendeteksi siapa yang melakukan hal tersebut, namun ini agak susah untuk melihat siapa-siapa yang menonaktifkan custom CSS. Dan aku juga tidak bisa dan tidak akan memblokir blog-blog tersebut. Justru aku dapat belajar dari mereka yang melakukan hack tersebut, sehingga aku dapat mengukur dan menemukan solusi supaya hack tersebut tidak bekerja. Iklan adalah satu-satunya cara kami memperoleh dana dalam menjalankan situs.
Berapa banyak blog yang sudah melanggar syarat dan ketentuan MyWapBlog sehingga kau melakukan pemblokiran?
Biasanya yang kuhapus adalah blog-blog spam (spblogs) dan juga blog-blog yang dibikin oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Ada satu orang yang memosting tulisan soal ras dan agama, dan aku langsung menghapus blognya. Aku juga menghapusi pengguna yang hanya memakai MWB sebagai penyimpanan file saja sementara ia tidak menulis satu posting pun.
Kalau kau tak keberatan, bisakah kauberitahu berapa yang dihasilkan MWB dari iklannya tiap bulan?
Untuk harga server MWB saja, kami harus membayar $400 untuk satu bulan. Paling banyak, kami pernah mendapat $600 dalam satu bulan. Tapi sejak bulan lalu, penghasilan kami menurun sampai sekitar $400 hingga $500.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Selamat datang, anda pengunjung ke

 
Support : █║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌
Play4rt © 2014 | Some Rights Reserved
ABOUTCONTACTDISCLAIMERPRIVACY POLICYTERMS
Powered by Blogger