Headlines News :
Home » , » Batik Tulis Kebumen Perkaya Khasanah Busana

Batik Tulis Kebumen Perkaya Khasanah Busana

Written By Unknown on Kamis, 02 Januari 2014 | 1/02/2014 09:00:00 AM

KEBUMEN, play4rt.blogspot.com - Jalan Sutoyo, tepatnya di depan pendopo rumah dinas bupati Kebumen disulap menjadi ajang peragaan busana, baru-baru ini. Dalam event bertajuk "Specta Kebumen 2013" itu, berbagai desain dan motif batik tulis khas Kebumen ditampilkan.
Puluhan model dari Kebumen dan Yogyakarta ambil bagian dalam event yang digelar oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kebumen. Mereka berlenggak lenggok memeragakan busana maupun kain batik tulis khas Kebumen hasil lomba desain motif batik tulis klasik khas Kebumen dan lomba rancang busana batik dan tenun Kebumen. Rancangan busana yang ditampilkan berupa busana pesta, fantasi dan kasual.
Ya, dalam pergelaran untuk memeriahkan hari jadi ke-78 Kabupaten Kebumen itu, ditampilkan 18 lembar kain batik tulis klasik dan 28 rancangan busana berbahan dasar batik tulis hasil karya perajin batik khas Kebumen. Selain itu, 80 rancangan busana berbahan batik Kebumen hasil karya para perancang busana profesional dari Jateng dan Yogyakarta juga ikut ditampilkan. Karya para desainer Asosiasi Pengusaha dan Perancang Mode Indonesia (APPMI) itu memperkaya khasanah busana batik Kebumen.
Event yang berlangsung sejak pukul 12.00 hingga pukul 14.30 itu terbagi menjadi empat sesi. Yakni pergelaran teatrikal tentang kehidupan perajin batik tulis Kebumen, dilanjutkan menampilkan beragam kain batik Kebumen hasil karya peserta lomba desain motif batik, peragaan busana lomba rancang busana batik dan tenun Kebumen 2013 serta peragaan busana karya perancang APPMI.
Acara disaksikan oleh Bupati Kebumen, Buyar Winarso dan jajaran pejabat Pemkab Kebumen. Event yang melibatkan APPMI Jateng dan DIY itu juga disaksikan oleh ribuan warga Kebumen. Sayangnya, acara tidak sampai paripurna karena bertabrakan dengan pawai dan parade budaya.
Ketua Dekranasda Kebumen, Hj Ninik Yuliani Buyar Winarso menyampaikan, "Specta Kebumen" digelar untuk mendorong kreativitas perancang busana Kebumen serta mengenalkan produk batik Kebumen dalam bentuk busana siap pakai. Selain untuk membangun kecintaan warga Kebumen terhadap batik sebagai hasil karya seni budaya.
"Kegiatan ini sekaligus untuk mengangkat dan mempromosikan batik tulis khas Kebumen di kancah regional dan nasional," ujar Ninik Yuliani dalam sambutannya.
( Supriyanto / CN34 / SMNetwork )

Sumber : suaramerdeka.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Selamat datang, anda pengunjung ke

 
Support : █║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌
Play4rt © 2014 | Some Rights Reserved
ABOUTCONTACTDISCLAIMERPRIVACY POLICYTERMS
Powered by Blogger